Gigi perseneling Jupiter tidak balik lagi

Image
 Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh Beberapa hari kemarin saya ada panggilan dari konsumen untuk memperbaiki sepeda motor jupiter 2006, informasi lewat telepon sih mogok selahan los, dan informasinya klep rusak. Setelah di lokasi dan langsung cek kondisinya, ternyata selahan tidak los, cek kabel dari koil tidak ada listriknya, biasa...alat andalan pemeriksaan kelistrikan dengan 2 buah kabel di hubungkan dengan bohlam sein. Periksa soket dari spull, ternyata tidak ada listriknya, lanjut bongkar spull dan dipastikan lilitan tidak gosong, coba di bersihkan dengan bensin, ternyata tidak ada yang gosong. Pasang kembali spull dan periksa kembali di soketnya, Amazing! Arusnya ada lagi, lanjut ke soket kiprok, kabel putih dari spull OK, nah kabel merah & kuning ( output dari kiprok ) gak ada arus, mau gak mau ganti kiprok. Setelah ganti kiprok, motor nyala kembali dan permasalahan mulai dari sini setelah masuk gigi 1 itu perseneling gak mau balik lagi. Waduh, kok. Bongk

Rangka Yamaha Mio J Patah / Keropos

Assalamu'alaykum wr.wb.

Selama 5 tahun bersama mio j, tapi odometer baru menginjak 40,000 km-an.
Maklum keseharian hanya buat antar pulang anak sekolah atau ya beberapa kali pulkam ke bandung.

Hari itu mengendarai s miow berempat terasa janggal, suspensi sangat empuk. Ga kepikiran sampai ke rangka sudah keropos dan hampir patah. Saya cek steering ga ada masalah, shockbreaker juga sama ok ok aja.

Sampai setelah buka puasa mau jemput istri & anak habis berbuka puasa bersama. Setelah melewati poldur....craaaaak ada bunyi keras di area injakan s miow dan stang pun hampir menempel di jok motor, cover bawah pun menempel ke aspal. Saya langsung cek, rangka keropos dan patah.

Keesokan harinya langsung dibawa ke bengkel las dan diberi penyangga temporary pakai bambu agar s miow bisa dibawa ke bengkel. Dibagian tengah saya tambah tulang/besi tambahan untuk menyangga agar konstruksi rangka bertambah kuat. Rangka saya cat lagi agar ga mudah karatan atau keropos.

Sebagai pelajaran, kolong rangka per tiga bulan harus di kontrol dan per enam bulan harus di cat lagi.

Comments

  1. Replies
    1. Sama tukang las di tambal pakai lempengan plat untuk yang keroposnya, dan seperti gambar saya tambahkan besi holo anti karat untuk memperkuat rangka

      Delete
  2. Aku lagi ngalamin nih sekarang, kemaren lagi dipake tau2 motor gak enak bgt pas sampe rumah dibongkar tau2 bawahnya udh patah.

    ReplyDelete
  3. Oh.., brarti bisa dibenerin lagi ya klo rusak atau keropos.....
    Ini aq beli mio 2010 second dan gk tau ternyata dibagian rangka dalamnya keropos (tepat dibawah dudukan aki)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, tergantung kreativitas tukang las nya. Kalau dibawah dudukan aki, biasanya korosi efek uap dari Aki.

      Delete
  4. Motorku juga Mio soul GT baru pemakaian 5th tapi kerangka(chasis) sudah patah karena keropos...haduh gak habis pikir saya motor baru lima tahun kok sudah patah chasisnya...saya coba akalin di las dulu awet gak awet ya mau gimana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bukannya ngejelekin produk, tapi saya kaget penuturan temen yang bekerja di sebuah perusahaan di Cikarang. Memang perusahaan ini supplier yamaha untuk part chassis, menurut teman, kok mulai yang matic series injection ketebalan plat lebih tipis, mungkin costdown.

      Delete
  5. Nasib beli motor second kasusnya sama, perasaan ada yg janggal ku genjot sekalian ternyata bener sampai spido nempel di jok depan. Patah sudah jadi 2 ini motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa motor baru lebih ringkih gan, sebaiknya kalau beli second selain cek kondisi mesin juga rangka

      Delete
  6. Rangka mio gt saya pas di pijakan kaki patah dan keropos apa bisa dilas dan bisa senter lagi seperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa di las lagi, asal buat dulu rangka custom ( tambahan ) agar roda depan dengan belakang balance

      Delete
  7. apa harus di pres bos klo boleh tau berapa biaya yang harus di kelurakan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kondisi patah karena keropos, jadi di las tambah besi lempengan dan sy jg preventif tambah besi hollow anti karat. Karena material sy bawa sendiri, jasa penjelasan 100rb.

      Delete
    2. iya aku mengalami nya tapi ktanya hrus di pres

      Delete
  8. Haduh gan ane baru ngalamin nih, persis kaya ente gan patah di bagian itu, mao bawa ke tukang las nih motor udh mao patah jadi ngeri bawanye, caranya nye gimana yah bawa ke tukang las nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada digambar gan pakai bambu. Kerangka kanan kiri pakai tali juga ke bambunya. Bambu selain penopang , juga penahan sasis alas kiri dan kanan

      Delete
  9. Klo boleh tau bengkel las nya di mna hari ini sy kejadian patah rangka casis bwh mio gt 2014 mw sy bwh ke

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah secara arif, menjadikan Anda manusia Arif

Popular posts from this blog

Menyambungkan kabel-kabel Exhaust Fan Maspion