Vario 160 pakai velg Vario 125 Ring17

 Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh Sekarang udah jamannya vlog untuk record kejadian yang pernah terjadi dan sebagai acuan juga untuk orang lain bila ingin melakukan yang sama Bagi saya menulis adalah bentuk rekam versi saya. Nah langsung aja. Ada konsumen datang ke toko ingin mengganti velg & ban sekalian. Biasanya konsumen udah faham itu velg pakai ukuran ban berapa. Tapi kali ini konsumen hanya ikut²an orang lain menggunakan ring17 di motor Vario 160. Ya mau gak mau saya pastikan dulu ukuran yang pantas. Setelah banyak petunjuk & pertimbangan, ukuran ban belakang 70/80-17 & untuk yang depan 60/80-17 Mulai mengganti roda depan, Oalah ternyata bosh as roda depan bagian kanan kurang panjang. Harusnya konsumen membeli lagi bosh as roda ukuran yang sama. Saya akali dulu yang penting roda bisa terpasang. Untuk roda belakang aman jaya langsung bisa terpasang. Bagi pengguna vario 160 yang ingin menggunakan velg R17, info ini sebagai referensi agar mempersiapkan par...

Review Busi NGK Standard, Top1 Duration, Daytona Ignimax, NGK G-POWER

Assalamu'alaikum wr.wb.

Kali ini saya akan review ke-4 jenis busi dari 3 merk berbeda pada yamaha mio j.

Pertama saya akan review NGK STANDARD, ini terpasang langsung saat kita baru membeli sepeda motor. Mungkin karena semua baru saat awal menyalakan mudah, tarikan awalpun terasa enteng dan saat topspeed cepat naik.
Namun pergantian untuk kedua kalinya semua kenyamanan itu gak ada lagi, dari faktor usia komponen lain yang yang kurang maksimal.
Misalkan saat awal start, akan sulit menyala apalagi suhu sekitar dingin, tarikan awal dan akhir terasa berat. Padahal saya sendiri mengikuti manual book service, pergantian setiap 6000km/ 6bln. Mungkin diantara pengguna sepeda motor yang lain sampai menunggu busi mati bahkan sampai direpotkan kendaraan sendiri yang harus di dorong-dorong, dan paling parah merepotkan orang lain untuk step. Padahal harga busi lebih murah dari sepeda motor tersebut.

Lanjut ke busi NGK G-POWER, sebelumnya dinamakan NGK Platinum, namun pabrikan NGK menggantikannya dengan nama G-POWER.
Memang harga 2 sampai 3 kali lipat dari NGK STANDARD  ( harga dipasaran ),tetapi kelebihannya sangat memuaskan dari awal starter langsung walaupun suhu udara dingin, tarikan awal dan topspeed pun enteng dan efek ke BBM pun irit...yach kira-kira 10%.
Saya gunakan di sepeda motor yamaha mio j dan new vega r.
Tapi ada beberapa bengkel menyarankan jangan menggunakan busi jenis ini, karena gak ada kode R atau Resistor. Mmmmm....bengkel kurang paham kode tertera di NGK G-POWER ini, padahal disitu jelas-jelas tertera inisial R, contoh kodenya saya pakai di mio j atau vega CR6HGP. ( Silahkan googling cara baca kode busi )

Berikutnya busi Top1 Duration & Daytona Ignimax, dirasakan hampir sama dengan NGK STANDARD. Dari harga dan performanyapun hampir sama.

Okeh, sekian review busi dari saya, semoga bermangfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Menyambungkan kabel-kabel Exhaust Fan Maspion

Rangka Yamaha Mio J Patah / Keropos