Gigi perseneling Jupiter tidak balik lagi

Image
 Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh Beberapa hari kemarin saya ada panggilan dari konsumen untuk memperbaiki sepeda motor jupiter 2006, informasi lewat telepon sih mogok selahan los, dan informasinya klep rusak. Setelah di lokasi dan langsung cek kondisinya, ternyata selahan tidak los, cek kabel dari koil tidak ada listriknya, biasa...alat andalan pemeriksaan kelistrikan dengan 2 buah kabel di hubungkan dengan bohlam sein. Periksa soket dari spull, ternyata tidak ada listriknya, lanjut bongkar spull dan dipastikan lilitan tidak gosong, coba di bersihkan dengan bensin, ternyata tidak ada yang gosong. Pasang kembali spull dan periksa kembali di soketnya, Amazing! Arusnya ada lagi, lanjut ke soket kiprok, kabel putih dari spull OK, nah kabel merah & kuning ( output dari kiprok ) gak ada arus, mau gak mau ganti kiprok. Setelah ganti kiprok, motor nyala kembali dan permasalahan mulai dari sini setelah masuk gigi 1 itu perseneling gak mau balik lagi. Waduh, kok. Bongk

LED VS HALOGEN

Assalamu'alaykum wr.wb.
Mulai semester 1 di tahun 2017 pada dunia sepeda motor sudah mengadopsi headlamp menggunakan led, tentunya bukan tanpa alasan menggunakan led. Selain regulasi pemerintah yang mewajibkan sepeda motor menyalakan di siang hari tentunya ramah lingkungan. Kenapa ramah lingkungan? Kita bisa lihat pada gambar, yang menggunakan lampu jenis gas ( halogen ) cepat merusak bagian reflektor dikarena lampu ini mengeluarkan kalor atau panas yang tinggi. Ini membuat pengguna lebih cepat mengeluarkan kocek untuk mengganti reflektor yang baru, karena reflektor akan cepat rusak alias gosong  ( lihat gambar * motor keluaran 2016 ).
Beda hal dengan menggunakan led, selain lebih terang aman pula terhadap reflektor, karena di lampu jenis ini terdapat peredam panas / heatsink. Kita coba saja raba bagian mika tidak terasa hangat sekalipun, beda dengan jenis gas, mika terasa panas. Memang, harga led lebih mahal berkali lipat daripada lampu gas. Tapi ketahanan led berkali lipat pula daripada jenis gas. Jadi intinya sepadan antara harga dengan ketahanan. ( lihat gambar * ini motor 2013 selama 3 tahun masih menggunakan lampu jenis gas, maklum terlihat ada retakan. Tetapi sampai saat ini 2018 menggunakan led aman-aman saja ).
Itu saja perbedaan antara led dengan lampu gas, mungkin diantara pembaca berminat hijrah ke led.
Disarankan arus listrik di rubah ke DC, karena akan memperpanjang usia led tersebut .
Wa'alaikumsalam wr.wb.

Comments

Popular posts from this blog

Menyambungkan kabel-kabel Exhaust Fan Maspion

Rangka Yamaha Mio J Patah / Keropos