Vario 160 pakai velg Vario 125 Ring17

 Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh Sekarang udah jamannya vlog untuk record kejadian yang pernah terjadi dan sebagai acuan juga untuk orang lain bila ingin melakukan yang sama Bagi saya menulis adalah bentuk rekam versi saya. Nah langsung aja. Ada konsumen datang ke toko ingin mengganti velg & ban sekalian. Biasanya konsumen udah faham itu velg pakai ukuran ban berapa. Tapi kali ini konsumen hanya ikut²an orang lain menggunakan ring17 di motor Vario 160. Ya mau gak mau saya pastikan dulu ukuran yang pantas. Setelah banyak petunjuk & pertimbangan, ukuran ban belakang 70/80-17 & untuk yang depan 60/80-17 Mulai mengganti roda depan, Oalah ternyata bosh as roda depan bagian kanan kurang panjang. Harusnya konsumen membeli lagi bosh as roda ukuran yang sama. Saya akali dulu yang penting roda bisa terpasang. Untuk roda belakang aman jaya langsung bisa terpasang. Bagi pengguna vario 160 yang ingin menggunakan velg R17, info ini sebagai referensi agar mempersiapkan par...

Tangki dan Fuel Pump kotor

Assalamu'alaikum wr.wb.

Ini terjadi pada Mio J keluaran tahun 2013.
Selama kurang lebih 5 tahun Mio J ini gak terlalu bermasalah.
Mulanya berawal tarikan gas mrebet, setelah di starter gas sedikit langsung mati. Masih dalam posisi standar 2 langsam ok, tapi setelah standar di lepas langsung mati. Ada apa dengan mio j ini?
Googling kesana kemari, akhirna menemukan arikel ( https://auto-champion.blogspot.com/2016/10/motor-injeksi-mati-jika-standar-dilepas.html?m=1) So, langsung di follow tutorialnya. Alhasil motor sama sekali gak menyala. Dipaksa dengan di starter terus menerus akhirnya menyala kurang lebih 1 menit, tetapi akhirnya mati juga dan accu pun ngedrop.

Saya berpikir ada problem di fuel pump set nih, kalau gak dari filter , bisa juga di rotak. Akhirnya saya coba belanja Online untuk ganti filternya tersebut, karena filter yang lama sudah menghitam.

Setelah filter ada, saya bongkar lg nih fuel pump set. Di bersihkan lagi, pasang filternya yang baru. Setelah Fuel pump terpasang, pasang soket fuel pump dan soket pelampung. Lalu masukan BBM untuk memastikan ganti filter itu efektif. Saya tes output BBM dengan mengaktifkan kontak, sebelumnya siapkan tempat untuk menampung semprotan. Keluar perdana BBM masih kotor, kedua lumayan bersih, ketiga sudah jernih.

Lalu pasang selang BBM, percobaan yang sebelumnya diulang kembali sampai bersih. Nah saya bongkar injector, saya coba tes semburannya lancar atau gak dengan cara menekan tombol Starter. Tentunya posisi kontak ON. Ternyata lancar. Saya pasang kembali injector dan mulai menyalakan.

Taraaaaa, akhirnya menyala dan tenaga mio j pun lebih gahar. Emang karena per cvt sudah menggunakan rpm 1500.

Sebelum mengganti filter selama 2 tahun ini tenaga loyo, dan sekarang Alhamdulillah bertenaga.

Saran sih, jangan isi tangki di sembarang tempat. SPBU yang tepat karena sudah ber-SNI.

L

Comments

Popular posts from this blog

Menyambungkan kabel-kabel Exhaust Fan Maspion

Rangka Yamaha Mio J Patah / Keropos