Gigi perseneling Jupiter tidak balik lagi

Image
 Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh Beberapa hari kemarin saya ada panggilan dari konsumen untuk memperbaiki sepeda motor jupiter 2006, informasi lewat telepon sih mogok selahan los, dan informasinya klep rusak. Setelah di lokasi dan langsung cek kondisinya, ternyata selahan tidak los, cek kabel dari koil tidak ada listriknya, biasa...alat andalan pemeriksaan kelistrikan dengan 2 buah kabel di hubungkan dengan bohlam sein. Periksa soket dari spull, ternyata tidak ada listriknya, lanjut bongkar spull dan dipastikan lilitan tidak gosong, coba di bersihkan dengan bensin, ternyata tidak ada yang gosong. Pasang kembali spull dan periksa kembali di soketnya, Amazing! Arusnya ada lagi, lanjut ke soket kiprok, kabel putih dari spull OK, nah kabel merah & kuning ( output dari kiprok ) gak ada arus, mau gak mau ganti kiprok. Setelah ganti kiprok, motor nyala kembali dan permasalahan mulai dari sini setelah masuk gigi 1 itu perseneling gak mau balik lagi. Waduh, kok. Bongk

Pasang bohlam LED di headlamp motor

Assalamu'alaykum wr.wb. 

Sebenarnya tips ini saya lakukan pada tahun 2013 dan tips efektif.
Sebelum 2013 saya sempat frustasi dengan pencahayaan utama lampu motor.
Pakai bohlam pisan bawaan kurang terang, pakai jenis Halogen, reflektor headlamp jebol.

Akhirnya dipasaran banyak dijual bohlam headlamp jenis LED, keuntungannya sudah terang dan membuat awet reflektor.
Karena kalor yang dikeluarkan LED diserap oleh heatsink yang terdapat di bohlam tersebut. 

Sambil berencana mengganti dengan LED, saya harus tahu nih karakter jenis LED ini.
Ternyata harus menggunakan arus DC yang stabil, karena bila tidak stabil usia LED akan pendek.

Singkat cerita saya sudah beli lampu LED dan langsung di pasang, widih keren.
Nyala lampu terang dan mika headlamppun tidak terasa panas. Saya coba tarik gas dan apa yang terjadi. LED putus, haduh...mana baru sudah putus lagi.

Untungnya yang putus lampu dekat, agar lampu jauh masih bisa terpakai. Saya harus putar otak dan akhirnya masalah yang dihadapi terpecahkan.

Saya pelajari wiring kabel body dan langsung mengambil keputusan bahwa sumber arus stabil yang didapat dari kabel switch rem, bisa juga ke kabel lampu odometer atau bisa juga ke kabel kunci kontak. 

Nah disini kita membutuhkan kabel tambahan sebagai kabel pengganti yang akan kita sambungkan dari sumber arus ke kabel saklar atau dim lampu utama. Perhatikan di saklar terdapat 3 kabel, potong yang tengah-tengah dan sambungkan ke sumber arus dengan kabel pengganti. Untuk kabel yang tadi tersambung ke saklar, kita bungkus saja pakai solatip elektrik.

Saya melakukan ini sudah lebih dari 20 unit motor berbagai merk, tapi kalau motor besar belum pernah saya lakukan.

Selamat mencoba

Wassalamu'alaykum wr.wb. 

Comments

Popular posts from this blog

Menyambungkan kabel-kabel Exhaust Fan Maspion

Rangka Yamaha Mio J Patah / Keropos